Rabu, 23 November 2011

Merencanakan pelayaran


Pada abad ke-21, bila anda berlayar anda harus mengambil keprutusan dari  dunia ( modern dan kuno ) yang mengatakan bahwa anda bisa dapat menentukan  posisi kapal Anda : dengan peta, kompas dan pensil, namun anda harus cukup akrab dengan peralatan elektronik dan lain-lain yang dibuat,  ( untuk mempermudah hidup anda).
Kuno, paling mahal dan paling tidak terlalu efektif adalah alat navigasi radio pencari arah – RDF. Hal ini tidaklah terlalu akurat dan harga lebih mahal dibanding sistem loran, yang lebih tepat dan menyajikan informasi dalam suatu bentuk visual, yang mungkin lebih baik digunakan. Yang paling penting sistem navigasi radio untuk non-profesional saat ini adalah Loran-C dan GPS (Global Positioning System). Sistem pantai Loran berbasis gelombang radio transmisi, sedangkan GPS menerima sinyal dari satelit di orbit bumi. GPS yang paling akurat, paling mahal, dan paling rentan terhadap atmosfer.
Baik Loran dan GPS memiliki fungsi yang sama – yang utama adalah untuk memberikan informasi posisi kapal  (POS – posisi). Mereka juga memberikan SOG (kecepatan di atas tanah), COG (tentu saja di atas tanah), range (jarak) untuk tujuan (Ping), membawa dari tujuan (BRG), perkiraan waktu kedatangan (ETA), Waktu yang Diperlukan untuk Dapatkan ke tujuan (TTG), kecepatan (VMG), XTG (cross-track error), dan tentu saja, tanggal dan waktu.  Sebagian GPS  juga memiliki apa yang disebut port NMEA , di bagian belakang instrumen, untuk koneksi dengan perangkat elektronik lainnya seperti kedalaman (sounder), Auto pilot, laptop, dan peralatan lainnya.
Penggunaan efektif dari posisi (POS) adalah terkait erat dengan skala atau ketepatan tabel digunakan. Akurasi yang dapat diandalkan dengan sebagian besar unit yang sejauh tersedia adalah sekitar 100 m.  Jadi ini seharusnya tidak menjadi masalah di laut lepas atau mendekati pantai, tetapi ketika Anda sangat dekat dengan pelabuhan, atau ke pantai, Anda harus melakukan secara manual – yaitu, Anda harus waspada, dan untuk memperhitungkan dengan sangat baik dan tepat situasi sehingga Anda masuk pelabuhan dan mem baring dengan aman dan jelas. Sangat menarik untuk melihat bagaimana lingkaran kesalahan GPS berkurang dengan meningkatnya skala. Untuk skala 1:5000 bagan dari kesalahan lingkaran dengan diameter 2 cm, untuk 1:80 000, diameter lingkaran ini adalah sekitar 1 – 2 mm. Kecepatan di atas tanah (SOG) pengukuran yang Anda butuhkan hanya untuk perbandingan dengan data yang anda peroleh dari speedometer atau log – sehingga Anda memahami pasang surut dan arus sungai.
GPS dapat memiliki peranan tak ternilai dalam merencanakan suatu kursus, karena Anda dapat memasukkan titik arah perjalanan, atau tujuan dan perangkat ini akan menghitung saja, jarak, dan perkiraan waktu untuk setiap titik dari perjalanan. Karena peralatan ini memiliki memori besar, mereka benar-benar dapat menyimpan banyak informasi tentang arus, yang karang, juga kompas deviasi / variasi.  Hal ini perlu untuk mengatakan bahwa (asalkan Anda tahu bagaimana menggunakannya dengan benar!) GPS adalah cara yang lebih cepat dan lebih aman untuk menghitung daripada dengan cara manual. Anda dapat memilih untuk kursus keluaran antara lingkaran besar dan rhumb baris. Yang TTG dan fungsi ETA membantu perencanaan kursus yang sangat penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar